KKN Periode I 2017

Pelaksanaan Pelatihan ekonomi Kreatif oleh mahasiswa Desa Bumi Raharjo, Kecamatan Bumi Ratu Nuban, dalam pembuatan Nugget Singkong.

Koordinator Desa Terbanggi Subing sedang melakukan pencetakan lampu jalan untuk Penerangan di Kampung Terbanggi Subing Kecamatan Terbanggi Besar.

Mahasiswa KKN Kampung Sinar banten Kecamatan Bekri dalam pelaksanaan Hidroponik (Cocok Tanam Tanpa Tanah). Hal ini dilakukan mahasiswa karena lahan cocok tanam yang terlalu sempet, sehingga menggunakan media cocok tanam selain tanah.

Mahasiswa KKN Kampung Cempaka Putih Kecamatan Bandar Surabaya melakukan sosialisasi sekaligus kampanye Jamban Sehat bagi masyarakat di Kampung tersebut.

Sosialisasi mahasiswa KKN Desa Sidodadi terkait penanaman Apotik Hidup dan Penerangan Jalan di wilayah Kampung Sidodadi Kecamatan Bangun Rejo.

Sosialisasi mahasiswa KKN Desa Sidodadi terkait Praktek Pembuatan Pakan Ternak dan Pembuatan Mie yang terbuat dari Sayur Wortel di wilayah Kampung Sidodadi Kecamatan Bangun Rejo.

Kampung Sumber Agung Kecamatan Bandar Surabaya yang di bantu mahasiswa KKN dalam pembuatan Pupuk Kompos yang di buat dari bahan Jerami, hal tersebut karena banyaknya limbah jerami di wilayah kampung tersebut, sehingga dapat di manfaatkan oleh mahasiswa dan masyarakat dalam peningkatan produksi pertanian di Kampung Sumber Agung.

Selamat kepada mahasiswa KKN Unila di Kampung Terbanggi Agung, yang sudah sukses memanfaatkan Jagung untuk di buat dalam produksi Susu Jagung sebagai produk asli lokal dari Kampung tersebut, tidak hanya pemanfaatan dalam bentuk susu, namun batang jagung dan janggelnya di gunakan sebagai pakan alternatif, sedangkan kulit jagung di gunakan sebagai pupuk alternatif untuk tanaman.

Kegiatan Mahasiswa KKN Unila Periode I Tahun 2017, yang mendapatkan Apresiasi oleh Bupati Kabupaten Lampung Tengah, Dr. Ir. Mustafa, M. H. Kegiatan mahasiswa yang masuk dalam web pribadi Bupati. Selamat..

Kegiatan Pengobatan Gratis, kerjasama mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Dinas terkait untuk membantu masyarakat di wilayah Kecamatan Bekri. Hadir Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kecamatan Bekri, Bapak Suparmono.

Penyuluhan, Pelatihan serta Pembuatan kolam ikan Lele dengan menggunakan teknologi Bioflok di Desa Banjar Ratu Kecamatan Way Pengubuan.

Penyuluhan/Sosialisasi bahaya Penggunaan narkoba dan Pergaulan bebas dari sisi Kesehatan dan sisi Hukum, yang di laksanakan di SMK PGRI Punggur.

Pelaksanaan Sosialiasi Kewirausahaan kepada Ibu PKK di Desa Totokaton Kecamatan Punggur. Serta pelaksanaan pelatihan pembuatan Mesin tetas telur di Desa Sri Sawahan Kecamatan Punggur.

Kunjungan Ketua BP KKN Unila, Sri Waluyo, S. TP., M. Si., Ph. D di Kecamatan Bumi Ratu Nuban, pada kegiatan mahasiswa di kecamatan tersebut.

Kegiatan mahasiswa KKN Unila yang ada di Desa Agung Timur  tahun 2017, mahasiswa bersama warga memasang lampu jalan, lampu jalan yang di gunakan merupakan program dari Kabupaten Lampung Tengah yaitu Penerangan, hal ini mahasiswa dan warga bekerjasama untuk memasang lampu dalam program penerangan.

Selain penerangan, mahasiswa juga melakukan sosialisasi tentang pengenalan sampah, hal ini di gunakan agar masyarakat mengerti dan dapat membedakan antara sampah organik dan unorganik, selain itu agar masyarakat dapat mengetahui mana sampah yang dapat di daur ulang.

Mahasiswa dan masyarakat juga mempersiapkan pembuatan batas desa untuk membuat peta desa, apresiasi kepada mahasiswa karena dapat melakukan kegiatan sampai larut malam.

Mahasiswa melakukan sosialisasi hidup sehat dan bersih yang di lakukan semenjak dini yang dimana sasarannya adalah anak anak sekolah dasar (SD).  Mahasiswa yang bekerjsama kepada pihak Puskesmas, melakukan rapat koordinasi untuk kegiatan posyandu yang akan di lakukan di seluruh dusun yang ada di Desa Agung Timur.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Yennie Agustin, S. H., M. H melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait kepedulian masyarakat terhadap hukum yang ada. Sosilisasi yang di lakukan di Kecamatan Bekri Kabupaten Lampung Tengah.

Mahasiswa dan juga warga di desa Purwodadi Kecamatan Bangun Rejo, melakukan Pembuatan Rumah Pangan Lestari (Vertikultur, Hidroponik, Pembuatan Pupuk Kompos dan Pestisida Nabati).

Sosilisasi Abate dan bahaya Demam Berdarah dari rumah kerumah dan di tandai sticker untuk membedakan rumah yang sudah pernah di lakukan sosilisasi oleh mahasiswa.  Hal ini di lakukan karena untuk mencegah terjadinya penyakit Demam Berdarah.

Program kerja mahasiswa untuk membantu masyarakat desa yang ada di Desa Sukanegara Kabupaten Lampung Tengah untuk membuat “Taman Apotek Hidup” yang ada di Desa tersebut untuk membantu masyarakat agar mudah mendapatkan obat. Uniknya adalah, mahasiswa menggunakan media alternatif dalam membantu masyarakat agar tidak terjadi pemborosan penggunaan lahan yang ada, sehingga mahasiswa menggunakan botol-botol bekas dalam penggunaan media alternatif nya.